Badai Pasti Berlalu

Badai pasti berlalu...
Udah lama banget ga nge-post sesuatu, setelah sekian lama mau sharing sekaligus curhat hehehe
Judul tulisannya lumayan menakutkan dan itu pernah tak jadiin status BBM kurang lebih 5bln yang lalu. Lebai ketika bikin status itu sudah biasa tapi lebai dalam menjalani hidup itu tidak biasa dan kalau bisa sih jangan...cuma mau flashback aja kala itu sekitar bulan maret atau april, lupa pastinya aku merasakan ada badai di sekelilingku. Nah ini lah yang aku bilang lebai... kala itu aku terlambat datang bulan sekitar 1 bulan...ya memang agak was-was karena meskipun haidku tidak teratur tapi tidak pernah selama itu. Udah mulai agak galau juga, kalau mau dikasih janin lagi sekarang sepertinya belum siap,yang paling bikin ga siap itu Ave...dia masih terlalu kecil aku kira. Namun aku juga berfikir, kalau Allah emang mau ngasih, kenapa tidak? bersyukur itu yang seharusnya aku rasakan. Waktu terus berjalan, tidak ada tanda apa-apa termasuk mual, pusing dll-nya...tapi akhirnya aku meyakinkan diri untuk segera ke dokter untuk periksa karena aku harua mempersiapkan segala sesuatunya (sikap, mental, doa dan nutrisi) untuk si janin jika memang aku hamil. Dan waktu itu tiba, ini dokter yang baru pertama kali aku kunjungi...beritanya positif dan hari itu juga aku bersiap menata segalanya...
Hari-hari pasca tahu kalo hamil ya tentunya serba-serbi dijaga...terutama emosi dan nutrisi. Dan yang bikin nyesek cuma satu harus mutusin asi ave padahal blm genep 2tahun. Meskipun begitu karena dokter bilang asal tidak ada kontraksi aman-aman aja nyusuin jadi aku tetep aja seolah tak ada apa-apa nyusuin Ave. Nah waktu itu aku udah menikmati kehamilanku tanpa mengurangi asi dan kasih sayangku sama Ave tapi bulan depannya entah kenapa aku mengalami flek-flek...awalnya aku nggak terlalu khawatir tapi pas disertai mulas dan darahny makin banyak jadi mulai takut. Periksa ke puskesmas pagi itu dan ternyata puskesmas ngerujuk ke dokter...memutuskan untuk tidak minta ke dokter yang pertama karena agak kurang memuaskan konsulnya dan ini nyoba dsog baru lagi...MasyaAllah hari itu udah flek dan mulas, Bawa Ave tapi nggak didahulukan sama perawatnya....sedih dan nelongso banget...mana Ave rewel terus karena ngantuk. Akhirnya pas periksa pun tak didampingi siapa-siapa, sendiri aja dan Alhamdulillah dokter cuma nyaranin untuk bedrest beberapa hari...bener-bener bedrest.
Harus bedrest?ini yg bikin sedih banget...nggak boleh banyak jalan, nggak boleh ngerjain apa-apa apalagi momong dan karena agak takut ini kontraksi menyusui jadi sempat ragu untuk ttp ngasih asi dan berniat nyapih. Bedrest disaat dirumah cuma ber3, mau bilang orang tua...bapak lagi sakit (yg sakitnya ga boleh utk mikir). Ya udah semua ditanggung ber2 sm suami, mau nyari rewang secepat itu juga nggak mungkin...akhirnya ya dapet poco'an cm bantu nyetrika sm bersih2 rumah.
Bedrestpun waktu itu nggak bs bedrest...tidur dan terisolasi dikamar depan juga bikin pebgen nangis...ga bs nyusuin ave, main sm ave dan bobok sm ave. Malam pertama bedrest suami memutuskan utk bobok sm ave biar aku bener-bener bisa istirahat...namun apa yang terjadi malam itu? Ave rewel semaleman dan aku menangis lebih kejer dari nangisnya Ave...dan tengah malam itu akhirnya aku tidak sanggup dan suamipun udah kewalahan...akhirnya aku bobo sama ave dan nyusuin lagi. Barulah kita berdua bisa sama2 merem sampe pagi...
Hari-hari bedrest alhamdulillah bisa dilalui dengan lancar...aku belum berniat benar-benar menyapih Ave tapi aku akan memulai untuk winning with love...jadi kalo dari baca-baca artikel dan sharw ibu-ibu yg lain...nyapihny pake cinta jadi tidak dipaksa dan cenderung membiarkan anak menyapih dirinya sendiri. berdasarkan pengalaman ibu-ibu itu butuh waktu lama untuk ini karena intinya ngasih pengertian ke anak...nah karena aku sudah memasuki bulan ke 3 kehamilan jadi ya aku mulai saja pelan-pelan dengan harapan paling tidak ketika hamil 5 bulan ave sudah bisa belajar tidak Asi lagi...
Yang aku lakukan pertama kali ya jelas kalo ave nggak minta aku nggak ngasih dan ngusahain kalo siang cukup 1 atau 2 kali aja nge-asi nya soale ave jg udah biasa minum uht, formula (yang aku tahu kalo ini nggak baik sebenernya) dan minuman yang lain kalo pas ditinggal bundanya kerja. Ya alhasil lancar-lancar aja. Nah kalo mau tidur itu memang sulit...ya sembari mengelus2 kepalanya aku selalu membisikkan pengertian-pengertian kalo intinya nggak lama lagi ave ga mimik bunda lagi karena selain ave udh gede juga mau punya adik bla bla bla...emang ya ajaibnya kata-kata itu, meskipun kayak nggak dengerin ternyata Ave ngerti dan seminggu kemudian udah jarang banget minta Asi...tanpa rewel berlebihan. Dan hari itu juga aku yakin bahwa ketika Allah ngasih sesuatu yang mungkin itu kita anggap sulit tapi udah sepaket juga sama solusinya...Subhanallah :

Komentar