Imajinasi Liarku

Udah lama lah ya ga ngetik-ngetik disini...ada sedikit kepikiran sesuatu, biasalah imajinasi liarku...daripada tersimpan di otak aja, lebih baik aku tuangkan disini... Terjun didunia pendidikan memang menjadi pilihanku, bukan karena terpaksa atau satu-satunya kesempatan. dulu sih pernah pengen banget kerja didunia jurnalistik karena hobi nulis dan seneng rasanya kalau ngliput berita di daerah-daerah baru, pasti lebih banyak lah pengalamannya.

Ketika aku memutuskan untuk mengambil kesempatan mengajar disini, bukan tanpa pertimbangan yang matang lho. Awalnya yang bikin agak shock sih kota-nya yang tentunya tidak mempunyai fasilitas dan akses semudah Jogja... yah begitulah orang secara umum masih memilih untuk bekerja ditempat yang aksesnya mudah (ga munafik). Tapi mengajar selama satu tahun ini ternyata membuat mata hatiku terbuka..ceilee... maksudnya dari bahan yang aku ajarkan terkait dengan ilmu psikologi dan pedagogis tentunya banyak diskusi bareng mahasiswa yang kemudian membuatku berfikir.. "harusnya aku lebih bangga dan bersyukur ketika mengajar di tempat yang notabene belum terlalu maju, masih perlu banyak membimbing dan dengan fasilitas minim karena disinilah aku tertantang untuk terus berkreasi dan menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya terpacu pada kurikulum tapi bisa berkembang...setidaknya aku bisa membuka mata calon-calon guru disini untuk bisa mengajar dan menjadi guru yang inspiratif meskipun aku sendiri belum bisa seperti itu".

Mungkin, sekarang ini aku masih sangat jauh dari "guru profesional" karena di program studiku aku masih belum dapet kesempatan untuk melakukan penelitian, pembimbingan kepada mahasiswa atau pengabdian kepada masyarakat...mungkin karena aku bukan lulusan bahasa Inggris atau aku belum mendapat kepercayaan...
Dibalik pertanyaan itu masih tersimpan optimis dalam hatiku untuk terus berjuang, aku jalani tugas utamaku untuk "mendidik" dan suatu saat nanti akan ada kesempatan untukku bisa maju dan meningkatkan kualitasku meskipun bukan melalui kampus ini.

Diluar memang masih sangat banyak kesempatan untuk meraih keinginanku memajukan pendidikan dan menularkan semangat agar guru-guru di Indonesia bisa lebih mementingkan kepentingan siswanya diatas segala-galanya dan mau menjadi guru yang tidak hanya memindahkan isi buku ke dalam pikiran dan otak muridnya tapi menjadi guru yang mampu membuat muridnya bangkit dan menjadi manusia baru, punya banyak pengalaman dari setiap pertemuan di sekolahnya agar Indonesia menjadi lebih sejahtera... 

Aku berfikir, diluar kegiatanku di kampus...aku sebenernya punya cita-cita untuk membuat perpustakaan kecil yang terbuka untuk umum, agar masyarakat bisa cinta membaca tanpa harus bersusah-susah mencari sumber bacaan..keinginanku ini semakin kuat ketika mahasiswa banyak yang mengeluh susah mendapatkan referensi untuk mengerjakan makalah karena sumber di perpustakaan sangat terbatas ditambah lagi di kota ini masih belum ada toko buku yang menyediakan buku populer/bahan kuliah secara lengkap... gimana mereka mau maju dan punya banyak informasi kalau mencari sumber buat kuliah aja susah...terus kalau skripsi dapat buku darimana?

 Selain meminjamkan buku (untuk dibaca ditempat) secara gratis, aku juga pengen di perpustakaanku itu akan ada forum-forum diskusi buat mahasiswa setiap seminggu/dua minggu sekali atau sanggar belajar buat anak-anak SD belajar ketrampilan dan berkreasi...

yah, sekarang sih masih jadi imajinasi liarku...semoga saja suatu saat nanti akan bisa terwujud....meskipun aku nggak bisa melakukan banyak hal di kampus, tapi aku bisa membagi apa yang aku punya untuk kemajuan pendidikan di luar sana :)
 

Komentar