Ngeblog yuuuk...


Akhir-akhir ini yang namanya jejaring sosial banyak banget macemnya. Dari friendster, Facebook a.k.a FB, twitter, plurk, koprol, hello, foursquare dan berbagai fasilitas untuk chatting seperti ym, skype, msn, G-talk, tinychat dan masih banyak lagi... sebenernya kenapa sih kita bikin/gabung dengan jejaring-jejaring sosial seperti ini?

Macem-macem sih alasannya, dari alasan yang masuk akal sampai alasan yang sebenernya ga ada perlunya...
1.   Biar kita punya banyak teman/ terhubung dengan teman lama
Secara umum bagi banyak orang, jejaring sosial memang bertujuan untuk mempertemukan kita dengan teman-teman kita baik teman yang sekarang masih sering ketemu atau teman lama kita. Dengan jejaring sosial ini, kita bisa lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-teman kita.
Nah, kalo jaman-jaman sekarang banyak terjadi penculikan gara-gara temenan di FB, itu bukan salah Fbnya (?) *eh. Sebenernya dalam memakai jejaring sosial, kita harus selektif dalam memilih teman. Pihak Fbpun berkali-kali mengingatkan kita ketika mau menambahkan teman dengan kata-kata “apakah anda yakin, anda mengenal orang ini?” untuk menghindari penyalahgunaan FB. Ketika kita mau menambahkan teman,kita harus bener-bener tau siapa orang itu dan jika kita sudah terlanjur berteman, jangan mudah percaya untuk bertemu di suatu tempat atau janjian apalagi tidak didampingi orang yang sudah dewasa.
2.   Buat bagi info ke temen-temen dan khalayak ramai
FB, twitter dan jejaring sosial lain juga banyak digunakan untuk berbagi informasi secara umum. Dengan jejaring sosial ini kita tidak perlu sms, menelpon atau mendatangi satu-satu  teman kita. Misalnya aja ketika kita mau mengadakan acara seperti reunian, pernikahan, halal bi halal atau event-event lain seperti Meet&Great artis-artis terkenal, open house-nya pejabat dan masih banyak lagi yang lain. Berbagi info mengenai tempat makan favorit, tempat wisata atau buku/cd yang baru juga bisa.
3.   Buat berbisnis
Nah ini nih memanfaatkan jejaring sosial untuk hal yang bermanfaat dan mendatangkan uang. Kita bisa mempromosikan apapun yang kita jual kepada banyak orang secara cepat. Banyak sekali bisnis-bisnis yang menggunakan jejaring sosial baik cuma sekedar promo hingga untuk transaksi. Seperti yang kita tahu sekarang ada twitter @infomaicih yang berjualan keripik pedas, meskipun cuma jualan keripik tapi produk ini udah sampe Singapura lho hanya melalui twitter. Penjual keripik ini bahkan ga punya tempat khusus/tetap untuk mendisplay keripiknya, mereka menjualnya dengan mobil/stand gitu tapi omsetnya udah waw banget!!!
Contoh lain ada twitter @kalimilk ini twitter yang digunakan untuk media promosi produk susu segar dan terbukti promonya berhasil. Kalau di FB ada alamat “Vecrol Handycrafts” yang menjajakan sendal unik desain mereka, melalui FB ini juga bisa melakukan transaksi secara onlen melalui Private Massage dan sms kemudian uangnya via transfer. Ini bukan blog berbayar lhoo  cuma pengen sharing aja haha
4.   Buat temen curhat
Selain buat promo, nyari temen... jejaring sosial juga banyak digunakan buat temen curhat. iyakah? meskipun jejaring sosial ini diam (?) tapi ternyata ampuh lho buat temen curhat karena disini temen-temen kita bakal tau curhatan kita. Salah nggak sih curhat di jejaring sosial? hmmm ya nggak salah, sah-sah aja kita mau ngapain aja di jejaring sosial, apalagi curhat dan curhatnya mengenai diri kita sendiri. Meskipun sah-sah aja tapi ada benarnya kalo kita bisa milih-milih apa yang perlu di curhatin atau enggak. Misalnya aja curhatnya tentang keburukan saudara kita atau keluarga kita, kayanya nggak perlu juga. Selain itu adalah privasi yang perlu dijaga rapat-rapat, jejaring sosial itu umum banget dan bisa dilihat siapa saja *apalagi yang nggak di protect” karena itu bisa jadi bikin kamu dan keluargamu ga aman.
5.   Buat ajang nyari eksis a.k. a pamer
Nah ada juga yang punya jejaring sosial buat pamer-pameran... aku pernah liat temenku di FB pasang status: “Bingung mau beli jazz apa yaris”. Yak, okke deh itu mungkin situasi terbaru kamu tapi apa perlu di share ke banyak orang secara sengaja? kalo menurutku (menurutku lhoo)... kayanya ga perlu. Banyak juga yang nulis tentang Gadget-gadget terbarunya yang sangat uptodate atau pamer ketika makan di tempat bergengsi atau mewah dan lain sebagainya. Tapi yang kaya gini perlu dibedain juga, banyak orang yang mengupdate dimana dia berada karena memang pengen ngasih info ke temen-temennya.
6.   Buat gaya-gayaan aja
Nah yang terakhir ini ni, banyak juga yang punya jejaring sosial lengkap tapi buat gaya-gaya-an aja karena gengsi atau takut dibilang kuper kalo ga punya. Ya kalo emang bener-bener mau bikin jejaring sosial ya di manfaatkan semaksimal mungkin tapi kalo kebanyakan id malah bisa jadi ga sempet ngurusnya deh dan yang pasti bikin kita sibuk ngurus sana-sini dan meninggalkan urusan lain yang lebih penting.
Nah... semoga dengan sedikit sharing diatas, temen-temen jadi bisa menggunakan jejaring sosial ini untuk kegiatan yang bermanfaat.
selain jejaring sosial itu, banyak juga jenis blog-blog yang bisa kita gunakan untuk menuliskan sesuatu, membagi sesuatu dan curhat seperti dari blogspot, wordpress, multiply dan masih banyak lagi yang lain. Nah di blog ini curhatan-curhatan kita justru bisa kebagi dengan semestinya, karena disini kita bisa ngejelasin kenapa begini dan kenapa begitu secara lengkap, tidak terpotong dan menimblkan salah paham. Sebagai contoh: hari ini kamu lagi ngalamin yang namanya ketemu artis idola dan kamu ngerasa seneng bgt.
kalo di twitter, kita paling-paling cuma bisa bilang: hari ini aku ketemu sama “Sheila on 7” seneng deh rasanya bisa peluk Duta.
Kalo di blog: kita bisa cerita panjang, kapan n kenapa bisa ketemu, dimana kita ketemu, apa aja yang kita lakukan ketika ketemu sama idola kita dan gimana perasaanmu ketika ketemu. disini juga kesannya ga pamer-pamer banget, karena bentuknya cerita jadi bisa ngalir dibacanya. kalo sepotong-sepotong terus berasanya jadi kaya “pamer” dan bikin orang lain iri/envy.
Ngeblog juga bisa bikin kita tambah smart dan kreatif. Misalnya aja dengan menulis cerpen atau cerita bersambung. Bisa juga ngasih tips-tips untuk kesehatan atau tips berteman dan lain sebagainya. Kita juga bisa menyisipkan foto-foto lengkap dengan penjelasannya dan jadi lebih lengkap tulisan kita.
Di blog juga bisa bisnis lho... coba aja liat blog ini  lovely accessories ,  dia menjajakan aksesoris cantik lengkap dengan display gambar-gambarnya yang lucu. Berbisnis di blog juga bisa lebih lengkap  bikin deskripsi barangnya. Biasanya para pebisnis yang udah menjajakan dagangannya lewat FB atau twitter, meminta konsumennya untuk melihat secara detil di blog.
Semakin sering kita menuangkan apa yang kita tau ke dalam tulisan, semakin  lancar juga kita menulis dan siapa tau kita bisa jadi penulis yang menghasilkan banyak buku atau setidaknya blog kita bermanfaat buat orang banyak... semangat teman....ayooo kita bikin blog dan rajin-rajin mengisinya :D

Komentar

JEJAK DIGITAL mengatakan…
numpang share blog bu
http://soptf.wordpress.com/

http://soptf.blogspot.com