Cakka...idola?responden penelitian?adek?:p

Sebenernya kalo disuruh cerita tentang cakka,aku bingung...saking banyak yang mau diceritain...haha ga juga ding.ini cuma cerita apa yang terpintas dalam benakku sekarang tentang cakka....
ya...Cakka, tahu cakka dari ibukku yang punya hobi nonton idola cilik (sama kaya aku), waktu itu aku ga bisa secara rutin nonton "menuju pentas" karena kuliahku jam 1-6sore jadi ya cuma nonton kalo jam istirahat jam 3-setengah 4. Ga tau kenapa pas telpon rumah gitu,ibukku suka banget cerita nama-nama kontestan icil, pas pertama cerita kalo ada yang dari Temanggung namanya Obiet...trus pas hari berikutnya liat cakka cerita juga...msh inget banget ibukku bilang "anak idola cilik ada yang cakep dari Jogja, namanya cakka...anaknya rajin sholat dan selalu sujud syukur kalo lolos"...wee aku penasaran aja, pas ada kesempatkan nonton baru ngeh, oiya ya cakep juga...tapi ya awalnya biasa aja...masih labil (?) suka semua anak-anak icil... ya oik,cakka,agni,obiet,patton,debo dan lain-lainlah belum punya pilihan. Nah pas udh mau pergantian semester trus udah masuk "pentas idola cilik" sabtu minggu baru bisa nonton yang full gitu dan mulailah kebih fokus suka sama cakka,oik sama Agni dan Obiet karena sedaerah (bangga ada yang lolos). Waktu itu karena sekeluarga suka banget sama idola cilik, jadi kadang aku sama bapak merelakan sms buat idola kita,,tapi kalo bapak sih paling sering sms buat oik karena emang ngefans banget sama Oik. Dan aku mulai2 searching foto bocah ganteng itu di internet sampai akhirnya nemu fansite C-LUVers dan CFC. Aku gabung di dua fansite itu dan ngerasa enjoy didalamnya karena punya banyak teman dari sana dan bisa sharing tentang cakka dengan sesama penggemar. Dari perjalanan nonton idola cilik dari icil 1 sampe icil 2 inilah aku jadi sempat kepikiran dan banyak banget pertanyaan tentang "gimana sih kehidupan anak-anak idola cilik ini?mereka berbakat tapi prestasinya juga hebat"... Berfikirlah aku, senangnya ya kalo bisa penelitian tentang sesuatu yang buatku menarik dan juga sesuatu yang baru dan aku suka. 
Nah mulai hari itu, sekitar bulan februari 2009 aku mulai mengirim email ke anak-anak idola cilik mulai dari obiet,cakka,oik,patton dan yang dapet balesan cuma dari oik yang intinya "untuk saat ini belum bisa mengatur jadwal buat diteliti". Aku juga mengirim email ke RCTI untuk meminta ijin dan meminta informasi tapi hasilnya nihil. Awalnya aku masih ragu banget sama penelitian ini, selain karena kemungkinan subyeknya susah untuk di jangkau dan ditemui, aku juga ragu sama tema ini...apa menarik juga buat dosen atau akademisi yang lain. Akhirnya aku putuskan konsultasi sama slh satu dosen "metodologi penelitian kualitatif" dan beliau sangat mendukung dan tertarik setelah membaca proposal singkatku...setelah itu bapaknya ngasih pengarahan tema yang paling tepat dan menarik buat di bahas dan mengusulkan untuk segera mengajukan judulnya. Dengan semangat aku melanjutkan gambaran singkatnya dan aku mengajukan judul ke pengelola program, stelah menunggu beberapa lama...akhirnya dapet pembimbing,awalnya kecewa karena ga dapet dosen metopen yang udah baca proposalku itu tapi ya udahlah gpp...disyukuri aja.
Setelah disetujui,aku memberanikan diri meminta ijin ke subyek2 penelitianku....Orang yang pertama aku kunjungi "cakka"...waktu itu, pertama kali ketemu cakka dan kenal, 4 April 2009. Nah waktu itu cuma ngomong ke cakka sama tante reny...pas ketemu cakka pertama kali... waaaaw, anak ini cakep dan sopan...pas salaman gitu dia cium tangan.... yaah kagum dan semakin kagum sama cakka waktu itu karena anaknya asyik diajak ngobrol dan singkat cerita karena aku gabung sama komunitas C-LUVers, makin lama makin betah aja di komunitas ini dan makin sering ketemu cakka (sebatas nonton atau makan bareng2 anak CLJogja).
Ga tau kenapa akhirnya aku jadi lebih sering bantu ngurus acara dan jualan merchandise...sampe akhirnya jadi sering bolak-balik rumah cakka meskipun kadang ga ketemu cakka... Suatu hari pas ke rumah dan mau ambil merchandise,ternyata cakka ga ada dirumah dan lagi sakit. Akhirnya aku memutuskan buat mampir (waktu itu sama neni)...ternyata pas kesana cakka ga ada yang nungguin, jadi cakka blm ngebolehin pulang sblm tante reni pulang. Nah setelah hari itu, hari kedua Cakka jadi minta aku buat dateng dan seterusnya selama sakit dan mulai waktu itu cakka jadi lebih terbuka dan banyak cerita....
Immunoland Surabaya dan Jakarta 2 juga bikin kita tambah deket dan mulai bulan-bulan puasa kemarin cakka hampir tiap hari minta ditemenin,,ya kalau aku bisa dan ga ada kerjaan ya aku temenin aja sekalian nemenin buka puasa. Seterusnya gatau kenapa dan gimana akhirnya kita jadi deket aja,sering sharing bareng....dan ya aku udah nganggep cakka sebagai adek sendiri (kebetulan aku anak bungsu dan dari dulu pengen punya adek).
Aku banyak belajar dari bocah 12 tahun yang lagi puber ini, cakka adalah anak yang penyayang yang selalu berusaha menyayangi orang-orang yang ada disekitarnya termasuk penggemar-penggemarnya. Mungkin dari kecil banyak ujian yang menempanya sehingga dia menjadi sosok yang tangguh dan mandiri, dalam kondisi apapun dia selalu berusaha untuk tidak memperlihatkan ada masalah ataupun lagi sedih bahkan berusaha selalu ceria. Meskipun kadang gampang ngambek&ga mood tapi gampang juga balik moodnya dan memaafkan kesalahan orang disekitarnya. Meskipun kadang bocah ini punya sisi childish juga tapi ada banyak hal yang membuat dia menjadi lebih dewasa dari usianya....
Sekarang aku gatau, siapa sebenernya cakka...apa dia responden penelitianku?ga cuma itu siih, apa dia idolaku?ya pastinya.... dan sekarang udah aku anggep kaya adekku sendiri...
Semangat terus cakka, semoga Allah selalu memberikan perlindungan dan jalan kemudahan untuk masa depanmu...semoga kamu tambah semangat dalam belajar di sekolah dan menggapai cita-citamu sebagai musisi :D

Komentar

N H Azria mengatakan…
asik ya cerita awal ketemu dan deket ama cakka nya. jadi pengeeen :p
ifta mengatakan…
ehehe lebih asyik lagi kalo nulisnya bener...itu kacau sih :P
makanya kuliah di UGM biar asyik :D